Jumat, 08 Maret 2013

DEFINISI DAN CAKUPAN SISTEM INFORMASI


Definisi Sistem Informasi
Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

Menurut Alter ; berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

Menurut Robert A. Leitch ; sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Definisi Sistem Informasi - Menurut Mc leod Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan. (Tata Sutabri, S.Kom., MM, 2005:36)

Cakupan Sistem Informasi
Sistem Informasi Pemasaran adalah sistem informasi yang mendukung perencanaan, pengawasan, dan pengolahan transaksi, yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas pemasaran.
  Cakupan Sistem Informasi Pemasaran:
-            Manajemen penjualan  
-            Otomatisasi armada penjualan (Sales Force    Automation)        
-            Manajemen produk
-            Iklan dan promosi
-            Penelitian pasar dan peramalan penjualan
-            Layanan dan dukungan pelanggan
-            Pemasaran interaktif
Sistem Informasi Manufaktur/ Produksi adalah sistem informasi yang mendukung perencanaan, pengawasan dan penyelesaian proses produksi (manufaktur).
Cakupan Sistem Informasi Manufaktur
CIM (Computer Integrated Manufacturing)
Adalah konsep keseluruhan yang menekankan bahwa tujuan dari Computer-based systems pada suatu manufaktur adalah untuk :
-            Simplify (menyederhanakan) proses produksi, design produk, dan organisasi pabrik sebagai dasar penting menuju otomatisasi dan integrasi
-            Automate (Otomatisasi) proses produksi dan fungsi-fungsi bisnis yang didukung oleh komputer, mesin-mesin dan robot
-            Integrasi seluruh produksi dan mendukung proses menggunakan komputer, jaringan telekomunikasi dan teknologi informasi lainnya
Sistem Informasi keuangan adalah sistem informasi yang mendukung pengelolaan keuangan dalam membiayai suatu bisnis dan pengalokasian serta pengawasan sumber daya keuangan.
Cakupan Sistem Informasi Keuangan
Pengelolaan Kas dan sekuritas
-          Peramalan dan Penglolaan posisi kas
Capital Budgeting
-          Evaluasi resiko dan return dari modal
Pengelolaan investasi
Perencanaan Keuangan
-          Peramalan performansi keuangan dan kebutuhan dana

Sistem Informasi Akuntansi adalah sistem informasi yang mendukung pencatatan dan pelaporan berbagai transaksi bisnis dan aliran dana di dalam organisasi.
Cakupan Sistem Informasi Akuntansi
-            Pemrosesan Pesanan (Order Processing)
-            Pengawasan Inventaris (Inventory Control)
-            Account Receivable
-            Account Payable
-            Penggajian (Payroll)
-            Buku Besar (General Ledger)
Sistem Informasi Sumberdaya Manusia (Human Resources Information Systems) adalah sistem Informasi yang mendukung aktivitas pengelolaan sumberdaya manusia









Sumber
santiw.staff.gunadarma.ac.id
ana.staff.gunadarma.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar