Minggu, 21 Oktober 2012

STRUKTUR NAVIGASI




STRUKTUR NAVIGASI
Terdapat 2 (dua) jenis navigasi yang sering digunakan yaitu navigasi horizontal dan navigasi vertical. Navigasi horizontal adalah navigasi yang bergeser mendatar sedangkan navigasi vertical adalah navigasi yang penggeserannya secara bertingkat. Struktur navigasi adalah struktur jalur disuatu program. Menentukan suatu struktur navigasi merupakan suatu hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat web page, ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari sturuktur navigasi yang bisa digunakan dalam proses pembuatan web page, yaitu :

Bentuk Linier
Navigasi linier merupakan sturuktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berurut, struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan secara berurut menurut aturannya dan dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

 
 Struktur Navigasi Linier

Bentuk Hirarkis
Struktur ini bisa juga disebut navigasi bercabang, merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabagan untuk data atau gambar pada layar dengan kriteria tertentu. Tampilan ini pada menu pertama disebut Master Page (Halaman Satu), halaman tersebut mempunyai percabangan yang disebut Slave Page (Halaman Pendukung) dan jika dipilih menjadi halaman utama kedua, begitu seterusnya, tampilan seperti pada gambar di bawah ini :


 



   Struktur Navigasi Hirarki

Non Linier
Struktur navigasi non linier (tidak berurut) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier hanya saja pada struktur ini diperkenankan untuk membuat percabagan. Percabangan struktur non linier berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki, pada struktur ini kedudukan semua page sama sehingga tidak diperkenankan adanya master page dan slave page dan penggambarannya tampak seperti berikut :




 
Struktur Navigasi Non Linier

Campuran
Struktur ini merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan juga disebut dengan struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuatkan percabangan. Bentuknya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


 


 Struktur Navigasi Campuran


 SUMBER   : 


1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar