PENGERTIAN
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut.Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi
digunakan. Ide dari TUI adalah untuk
memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara anda mengontrol melalui
manipulasi fisik dengan memiliki makna yang mendasar atau hubungan langsung
yang menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku yang mereka picu pada
sistem.
Orang-orang
telah mengembangkan keterampilan canggih untuk merasakan dan memanipulasi
lingkungan fisik mereka. Namun, sebagian besar keterampilan ini tidak digunakan
dalam interaksi dengan dunia digital saat ini. Interaksi dengan informasi
digital saat ini sebagian besar terbatas pada Graphical User Interface
(GUI).Dengan keberhasilan komersial Apple Macintosh dan Microsoft Windows, GUI
telah menjadi paradigma standar untuk Human Computer Interaction (HCI) hari
ini. GUI merupakan informasi (bit) dengan piksel pada layar bit-dipetakan.
Mereka
representasi grafis yang dapat dimanipulasi dengan remote controller generik
seperti mouse dan keyboard. Dengan representasi decoupling (piksel) dari
kontrol (perangkat input) dengan cara ini, GUI memberikan kelenturan untuk
meniru berbagai media grafis. Namun, ketika kita berinteraksi dengan dunia GUI,
kita tidak bisa mengambil keuntungan dari ketangkasan kita atau memanfaatkan
keterampilan kita untuk memanipulasi berbagai benda-benda fisik seperti
manipulasi blok bangunan atau kemampuan untuk membentuk model dari tanah liat.
KARAKTERISTIK
1. Representasi fisik digabungkan
untuk mendasari komputasi informasi digital.
2. Representasi fisik mewujudkan
mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual
digabungkan untuk secara aktif ditengahi representasi digital.
4. Keadaan fisik terlihat
"mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah sistem.
PENERAPAN TANGIBLE USER INTERFACE
1. Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana adalah
pada mouse. Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang
sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi
objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut memiliki hubungan
yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem, misalnya misalnya pointer
bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse maju. Teknologi ini membuat menjadi
sangat mudah untuk menguasai perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi
tangan dan mata.
2. Siftables
Merupakan perangkat
kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk menyerupai batu bata
kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan
mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain tergantung pada
posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat
mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
3. Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan
keadaan teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk
bereksperimen dengan suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar tembus dan
bercahaya di mana satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka
di permukaan (atau membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan
menghubungkan mereka satu sama lain, pemain dapat menggabungkan unsur-unsur
yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel atau elemen kontrol dalam
rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping
itu diterangi dan mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan
kedekatannya. Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar,
memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable,
mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
4. Microsoft Surface
Merupakan sebuah
teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang menjadi perhatian
adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi teknologi ini
juga dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur
sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat
memanipulasinya.
5. Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble
Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer
merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer
ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
6. Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil
bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor.
Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa
menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di atas meja sistem
dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat
mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y hanya sebagai salah satu
program yang akan di cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan
sistem pengenalan isyarat.
Sumber :
http://merrysarlita.blogspot.com/2011_11_01_archive.html
http://purnama07.blogspot.com/2010/11/tangible-user-interface.html
http://riyandari.blogspot.com/2011/11/tangible-user-interface.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar