FUNGSI – FUNGSI CRM
1.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi
pelanggan.
2.
Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
3.
Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang
pelanggan
4.
Membangun proses ujung keujung dalam melayani pelanggan
5.
Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
6.
Menangani keluhan/complain pelanggan
7.
Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
8.
Membuat informasi holistic tentang informasi layanan
dan penjualan dari pelanggan
Tipe
Customer Relationship Management
1.
Operational CRM
Operasional CRM mendukung proses bisnis dari“Front office”, contohnya
bagian pemasaran dan staff pelayanan.
2.
Analytical CRM
Analytical CRM secara umum membuat penggunaan data mining dan tehnik
lainnya untuk mengeluarkan hasil yang berguna untuk pengambilan keputusan.
3.
Sales Intelligence CRM
Sales Intelligence CRM serupa dengan Analytical CRM, tetapi lebih
dimaksudkan sebagai alat penjualan secara langsung.
4.
Campaign Management
Campaign management mengkombinasikan elemen-elemen dari Operational dan
Analytical CRM.
5.
Collaborative CRM
Collaborative CRM meliputi aspek-aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan
yang ditangani oleh beberapa departemen dalam perusahaan, seperti penjualan,
technical support dan pemasaran.
6.
Consumer Relationship CRM
Consumer Relationship System (CRS) meliputi aspek-aspek perjanjian
perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh pusat kontak Consumer Affair
dan Customer Relations dalam sebuah perusahaan.
PRINSIP
DASAR CRM
Mengambil data input
berupa data profile dari semua pelanggan (customer) dan memberikan informasi yang sesuai
kepada klien berupa informasi tentang customer history, kebutuhan-kebutuhan pasar dan
isu-isu lain seputar perkembangan pasar. Secara
umum tujuan penerapan CRM ialah sbb. :
·
Mengenali dan menganalisa relasi.
·
Mengenali dan menganalisa pasar.
·
Mengenali dan menganalisa produk keluaran.
Untuk mengimplementasikan sebuah srategi CRM,
diperlukan setidaknya 3 faktor kunci, yaitu :
·
Orang-orang yang profesional (kualifikasi
memadai)
·
Proses yang didesain dengan baik
·
Teknologi yang memadai
Implementasi CRM setidaknya harus memiliki
elemen-elemen berikut :
·
Otomatisasi pemasaran, pemasaran dapat dilakukan
secara otomatisasi tanpa perlu bertransaksi langsung antara customer dengan
produsen. Atau cara pembayaran yang tidak perlu langsung membawa uang cash.
·
Pusat pelayanan (Call Center), fungsinya antara
lain untuk mengetahui kebiasaan konsumen, menerima keluhan dari para pelanggan
sehingga data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan
produknya serta mengumpulkan customer history.
·
Penggudangan Data (Data Warehousing), informasi
tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu system terpadu. Hasil analisa
harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan sehingga
staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus terhadap grup
pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu menaikkan volume
penjualan.
·
Pencarian Data dan analisa Proses secara online,
data yang telah terkumpul akan dipisah-pisahkan menurut kualifikasinya dan
selanjutnya data akan disimpan dalam system yang bisa diakses secara online, sehingga
bila sewaktu-waktu data tersebut diperlukan dapat bisa segera diperoleh.
·
Pengambilan keputusan dan alat pelaporan, jika
sudah dilakukan hal-hal tersebut diatas maka diharapkan proses pengambilan
keputusan dapat dilakukan secara lebih bijak karena perusahaan telah memiliki
data yang cukup untuk menentukan langkah yang harus dilaksanakan oleh
perusahaan selanjutnya, misalnya penjualan dengan system cross selling dan
hasil penjualannya dapat dilihat apakah sesuai dengan keinginan konsumen dan
bisa menaikkan keuntungan perusahaan.
Contoh
kasus penerapan strategi CRM pada sebuah perusahaan perbankan. Peranan
Customer service dalam
rangka menciptakan loyalitas pelanggan dengan memberikan mutu pelayanan kepada
nasabahnya adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM).
Karena dalam Industri perbankan, penerapan CRM dalam menjalin komunikasi dengan
pelanggan dipandang sangat efektif dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya.
CRM akan mempermudah perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan
kebutuhan dan perilaku pelanggan. Hal ini dapat menjadi dasar memperoleh pelanggan,
perawatan, mempertahankan dan pengembangan pelanggan. Ketika kepuasan yang diberikan
oleh customer service seperti rasa senang, rasa nyaman dan aman untuk nasabah atas
perlakuan dan informasi yang diberikan mengenai hal yang berkaitan dengan
produkproduk yang ditawarkan oleh bank, ataupun terhadap segala macam bentuk
cara penyelesaian masalah yang dihadapi oleh nasabah dapat diselesaikan dengan
baik, disaat itulah loyalitas nasabah meningkat.
SUMBER :
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=0CE0QFjAD&url=http%3A%2F%2Fresearch.amikom.ac.id%2Findex.php%2FKIM%2Farticle%2Fdownload%2F4883%2F3209&ei=CrL3UL66HsLyrQfV4YGoDg&usg=AFQjCNF9XgTn01r9u79YXkCOPr-de_IkUQ&sig2=CdH_U6q9DRQLIZ5skesF_w&bvm=bv.41018144,d.bmk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar