Kamis, 17 Januari 2013

PENGANTAR CRM (Customer Relationship Management)



PENGANTAR CRM (Customer Relationship Management)
CRM, atau  Customer Relationship Management  (Manajemen  Hubungan Pelanggan), adalah sejumlah strategi dan teknologi yang digunakan untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara perusahaan dan pelanggan mereka. Sebuah perusahaan akan menyimpan informasi yang berhubungan dengan pelanggan mereka, dan mereka akan menghabiskan waktu menganalisis data pelanggan mereka sehingga dapat digunakan untuk tujuan perusahaan tersebut.
Beberapa metode yang berhubungan dengan CRM bersifat otomatis, dan tujuan dari ini adalah untuk menciptakan strategi pemasaran yang ditargetkan langsung untuk pelanggan tertentu. Strategi yang digunakan akan bergantung pada informasi yang terkandung di dalam sistem. CRM pada umumnya digunakan oleh perusahaan, dan mereka akan fokus untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan klien maupun pelanggan mereka.
CRM adalah sebuah alat, dan seperti alat apapun, jika tidak digunakan dengan benar, maka alat tersebut tidak dapat mencapai tujuan mereka yang menggunakannya. Sejumlah penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa CRM dapat sangat meningkatkan retensi pelanggan perusahaan, dan juga dapat membantu mereka meningkatkan keuntungan mereka.
Namun, sejumlah perusahaan gagal ketika mencoba untuk menerapkan sistem CRM. Memahami mengapa perusahaan gagal akan memungkinkan Anda untuk menghindari kesalahan mahal yang sama. Hal ini penting bagi perusahaan untuk menyadari bahwa Customer Relationship Management bukanlah obat untuk semua masalah yang akan mereka hadapi. Ini adalah alat, dan harus digunakan dengan benar jika sebuah perusahaan ingin mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka.
Meskipun CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan), sebenarnya CRM ini lebih berupa sistem. Untuk memahami bagaimana sistem ini bisa menguntungkan bisnis Anda, pertama-tama penting untuk memahami banyak fungsi yang terhubung.
Singkatnya, CRM berurusan dengan banyak interaksi perusahaan yang akan memiliki dengan pelanggan mereka. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk meningkatkan hubungan sebuah perusahaan dengan pelanggan yang mereka punya, dan pada intinya tujuan dari melakukan hal ini adalah untuk meningkatkan keuntungan dan menjadi lebih kompetitif.
Sementara CRM adalah alat yang ampuh, banyak perusahaan menemukan bahwa memilih program yang baik adalah tugas yang sulit. Ini telah terjadi terlepas dari industri. Banyak perusahaan menyadari bahwa menyediakan layanan tingkat tinggi kepada mitra dan pelanggan mereka merupakan bagian penting untuk menjadi sukses di pasaran.
Banyak pemilik usaha kecil telah menyadari pentingnya CRM untuk waktu yang lama. Kebanyakan pemilik bisnis kecil menyadari bahwa pelanggan adalah darah kehidupan bisnis mereka, dan mereka bekerja keras untuk menyediakan memberikan konsumen dengan layanan terbaik.
CRM lebih penting untuk perusahaan-perusahaan besar dibandingkan dengan usaha kecil. Alasan saya mengatakan hal ini karena banyak perusahaan besar, cenderung memiliki pelanggan yang besar sehingga sulit bagi mereka untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka. Dalam banyak kasus, baik karyawan dan pelanggan dari sebuah perusahaan dalam perusahaan yang besar akan sering mengeluh bahwa perusahaan "memperlakukan pelanggan seperti nomor." Perusahaan kecil tidak memiliki masalah yang besar dalam hal ini, karena pelanggan mereka akan sering berinteraksi dengan mereka secara individual.










SUMBER                  :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar