PENGANTAR CRM (Customer
Relationship Management)
CRM, atau Customer Relationship
Management (Manajemen Hubungan Pelanggan), adalah sejumlah strategi
dan teknologi yang digunakan untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara
perusahaan dan pelanggan mereka. Sebuah perusahaan akan menyimpan informasi
yang berhubungan dengan pelanggan mereka, dan mereka akan menghabiskan waktu
menganalisis data pelanggan mereka sehingga dapat digunakan untuk tujuan
perusahaan tersebut.
Beberapa metode yang berhubungan dengan CRM bersifat otomatis, dan
tujuan dari ini adalah untuk menciptakan strategi pemasaran yang ditargetkan
langsung untuk pelanggan tertentu. Strategi yang digunakan akan bergantung pada
informasi yang terkandung di dalam sistem. CRM pada umumnya digunakan oleh
perusahaan, dan mereka akan fokus untuk mempertahankan hubungan yang kuat
dengan klien maupun pelanggan mereka.
CRM adalah sebuah alat, dan seperti
alat apapun, jika tidak digunakan dengan benar, maka alat tersebut tidak dapat
mencapai tujuan mereka yang menggunakannya. Sejumlah penelitian secara
konsisten menunjukkan bahwa CRM dapat sangat meningkatkan retensi pelanggan
perusahaan, dan juga dapat membantu mereka meningkatkan keuntungan mereka.
Namun, sejumlah perusahaan gagal
ketika mencoba untuk menerapkan sistem CRM. Memahami mengapa perusahaan gagal
akan memungkinkan Anda untuk menghindari kesalahan mahal yang sama. Hal ini
penting bagi perusahaan untuk menyadari bahwa Customer Relationship Management
bukanlah obat untuk semua masalah yang akan mereka hadapi. Ini adalah alat, dan
harus digunakan dengan benar jika sebuah perusahaan ingin mempertahankan
hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka.
Meskipun CRM adalah singkatan dari
Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan), sebenarnya CRM
ini lebih berupa sistem. Untuk memahami bagaimana sistem ini bisa menguntungkan
bisnis Anda, pertama-tama penting untuk memahami banyak fungsi yang terhubung.
Singkatnya, CRM berurusan dengan
banyak interaksi perusahaan yang akan memiliki dengan pelanggan mereka. Tujuan
utama dari sistem ini adalah untuk meningkatkan hubungan sebuah perusahaan
dengan pelanggan yang mereka punya, dan pada intinya tujuan dari melakukan hal
ini adalah untuk meningkatkan keuntungan dan menjadi lebih kompetitif.
Sementara CRM adalah alat yang
ampuh, banyak perusahaan menemukan bahwa memilih program yang baik adalah tugas
yang sulit. Ini telah terjadi terlepas dari industri. Banyak perusahaan
menyadari bahwa menyediakan layanan tingkat tinggi kepada mitra dan pelanggan
mereka merupakan bagian penting untuk menjadi sukses di pasaran.
Banyak pemilik usaha kecil telah
menyadari pentingnya CRM untuk waktu yang lama. Kebanyakan pemilik bisnis kecil
menyadari bahwa pelanggan adalah darah kehidupan bisnis mereka, dan mereka
bekerja keras untuk menyediakan memberikan konsumen dengan layanan terbaik.
CRM lebih penting untuk
perusahaan-perusahaan besar dibandingkan dengan usaha kecil. Alasan saya
mengatakan hal ini karena banyak perusahaan besar, cenderung memiliki pelanggan
yang besar sehingga sulit bagi mereka untuk mempertahankan hubungan yang kuat
dengan pelanggan mereka. Dalam banyak kasus, baik karyawan dan pelanggan dari
sebuah perusahaan dalam perusahaan yang besar akan sering mengeluh bahwa
perusahaan "memperlakukan pelanggan seperti nomor." Perusahaan kecil
tidak memiliki masalah yang besar dalam hal ini, karena pelanggan mereka akan
sering berinteraksi dengan mereka secara individual.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar