Jumat, 18 Januari 2013

Sejarah Panjat Tebing

Sejarah Panjat Tebing

Aktivitas panjat tebing sudah dikenal masyarakat sejak lama bahkan masyarakat tradisional, mereka melakukan pemanjatan guna mencari sumber kehidupan ataupun perlindungan, khususnya didaerah pantai dan kawasan karst untuk mencari sarang  burung atau sumber mata air. Tetapi mereka tidak memakai system dan prosedur yang baku seperti dalam olahraga panjat tebing sehingga faktor keamanan dan tingkat resiko yang dihadapi sangatlah tinggi.

Panjat tebing pertama kali dikenal di kawasan benua Eropa tepatnya di kawasan pegunungan Alpen sebelum perang Dunia I. Pada awal tahun 1910 dinegara Austria mulai diperkenalkan penggunaan peralatan-peralatan yang digunakan untuk menunjang dalam kegiatan panjat tebing seperti carabiner (cincin kait) dan piton (paku tebing) yang pada saat itu masih terbuat dari besi baja. Dan berawal dari situlah para pendaki dari Austria dan Jerman mulai mengembangkan peralatan dan teknik olah raga ini. Seiring waktu yang terus berjalan peralatan olah raga ini banyak mengalami inovasi, terutama pada bahan pembuatannya, uji kekuatan gaya tariknya, kepraktisan penggunaan alat serta prosedur keamanan alat yang telah distandartkan.

Berlanjut pada tahun 1920, penggunaan tali mulai dikenal untuk memanjat tebing dan semakin berkembang hingga tahun 1970 saat pemanjat Amerika mengembangkan teknik baru di kawasan Yosemite.

Namun di Indonesia sebenarnya telah dikenal pada tahun 1960 dengan diawalai oleh pasukan angkatan darat yang berlatih di tebing 48 Citatah. Tetapi Harry Suliztiarto menjadi pelopor dalam dunia panjyat tebing modern. Bahkan Harry mengawali dengan menggunakan tali tambang alakadarnya untuk segi keamanan.

Selanjutnya Harry Suliztiarto bersama tiga rekannya,Heri Hermani, Agus R dan Dedy Hikmat mendirikan SKYGERS Amateur Rock Climbing Group pada tahun 1977.

Dan tahun 1988 Indonesia memiliki organisasi yang pada saat itu bernama FPGTI (Federasi Panjat Gunung Dan Panjat Tebing Indonesia) yang kemudian berganti nama dengan FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) sampai sekarang ini.

Beragam jerih payah para pelopor panjat tebing di Indonesia telah banyak menghasilkan. Pada Sea games 2011, Indonesia berhasil merebut 9 medali emas dari 10 buah yang diperebutkan.
Tetapi yang unik adalah keberhasilan SKYGERS dalam menjadikan segala perangkat keselamatan pada ketinggian menjadi hal wajib digunakan untuk pekerja di ketinggian. Bahkan berbagai teknik memanjat dan keselamatan pun juga diajarkan oleh mereka. 











sumber   : http://www.mayapala.com/article/rock-climbing/13-sejarah-panjat-tebing.html
                 http://www.sportku.com/berita/news/10807-sejarah-panjat-tebing

1 komentar:

  1. edc titanium - Tantric Arts
    Tantric Arts. edc titanium. 2020 ford edge titanium for sale Shop. Buy Edict camillus titanium knife of Wisdom (Tantric Arts). T-shirt. $15.50 titanium trim reviews / $25.00. T-shirt. Sold out. T-shirt. titanium headers T-shirt. Price for. titanium sponge Buy

    BalasHapus