Jumat, 16 Desember 2011

Mengelola Keuangan dengan Memprioritaskan Kebutuhan

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menekan pengeluaran secara maksimal sehingga mampu menghimpun banyak duit di buku tabungan untuk keperluan penting dan kebutuhan mendesak di masa depan. Faktor gengsi dan hobi acap kali menjadi penyebab banyak uang yang hilang untuk sesuatu yang kurang penting yang mengalahkan akal sehat.

1.      Gunakan Metode yang Tepat
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengelola uang Anda, salah satunya adalah membuat anggaran bulanan yang sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran Anda. Buatlah metode yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidup Anda. Sebisa mungkin sisihkan gaji Anda untuk ditabung. 

2.       Prioritaskan Kebutuhan Primer
Lihatlah selalu tagihan bulan lalu untuk mengetahui apakah pemasukan Anda dapat memenuhi pengeluaran setiap bulannya. Buatlah daftar kegiatan atau tagihan yang harus dibayar, seperti anggaran untuk sewa rumah, membeli bahan makanan, dan biaya sekolah anak. Kurangi juga pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli pakaian baru setiap bulan dan makan di luar setiap minggu. Prioitaskan kebutuhan primer agar tidak terjadi pemborosan pada uang Anda.

3.       Alokasikan Dana
Catatlah selalu jumlah pemasukan agar Anda dapat menghitung berapa jumlah yang harus dikeluarkan satu bulan kedepan. Apakah anggaran Anda sudah tepat dan dapat menutupi semua pengeluaran? Jika tidak, cobalah coret pengeluaran yang dirasa belum diperlukan. Gunakan 90 persen gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan termasuk pengeluaran pribadi dan sisakan 10 persen gaji Anda untuk ditabung.

4.       Ubah Penggunaan Transportasi Yang Mahal
Dari yang biasa naik mobil pribadi ke mana-mana sebaiknya anda jual mobilnya dan beli sepeda motor. Kalau sering naik taxi dan ojek motor, sekarang gunakan motor pribadi, angkot atau jalan kaki.
                                                                                           
5.      Makan Dan Minum Di Rumah Saja Atau Bawa Dari Rumah
Yang pasti membuat makanan dan minuman sendiri yang sederhana biayanya lebih murah daripada jajan di luar. Sarapan di rumah, makan siang dari bekal yang di bawa dari rumah, makan malam di rumah, dll. Kalau lagi ngidam makanan enak lebih baik ditahan saja kalau perlu puasa utuk mengilangkan nafsu bejad yang menghancurkan keuangan anda.

6.      Hemat Belanja Anda Dan Jaga Nafsu Belanja Anda
Yang doyan belanja / shopping sebaiknya buat daftar belanjaan sesuai anggaran / budget yang telah dibuat agar tidak mudah tergoda dengan barang yang dijajakan selain yang anda butuhkan. Pastikan produk yang anda beli tidak mahal yang penting fungsi sama dan kualitas tidak buruk. Jika anda ngebet ingin membeli sesuatu, maka gunakan jurus manipulasi otak anda seolah-olah anda telah membeli barang itu namun sampai dirumah hilang digondol tikus

Sumber            :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar